Wednesday, August 10, 2011

Fun Facts about Utrecht (1): Rietveld Schröder House

Oke, kurang adil rasanya saya menyebut-nyebut lebih suka Leiden daripada Utrecht tanpa mengeksplorasi Utrecht terlebih dahulu. Oleh karena itu, saya akan mencoba menulis beberapa hal menarik yang saya temui di Utrecht. Berhubung saya harus segera mengerjakan tugas kedua yang ditumpuk besok, rasanya bagian Fun Facts about Utrecht ini harus saya tulis dalam bentuk serial. Enjoy the first part! :)

***

Tugas pertama yang harus kami lakukan tidak hanya cukup dengan berjalan-jalan, kami juga harus mempresentasikannya di kelas. Dalam rangka mengerjakan slide presentasi tersebut, kami berkumpul di asrama Nicola & Gabriella: University College Utrecht. Mereka selalu berjalan dari asrama ke kampus (kawasan Drift) vice versa jadi 'katanya' sih dekat sehingga saya oke2 saja diajak berjalan kaki rame-rame, tapi ternyata ... jarak itu memang relatif ya -_-" Untungnya setelah melewati pinggir pertokoan yang seakan tak kunjung usai, kami segera didinginkan dengan pemandangan Wilhelmina Park yang menenangkan ....

(skyskrapercity.com)

Begitu Wilhelmina Park terlewati, kami menyusuri jalan bernama Prins Hendriklaan dan Nicola kemudian bercerita tentang salah satu bangunan di jalan ini yang masuk ke dalam daftar World Heritage Sites - Unesco. Sambil terus berjalan saya dan Emily disuruh menebak bangunan yang manakah itu? Pada awalnya itu tebakan yang sulit karena sepanjang jalan itu berisi rumah-rumah antik nan cantik yang rasanya pantas-pantas saja masuk daftar WHS itu. Kemudian tebakan menjadi lebih mudah ketika ada cukup banyak orang berfoto-foto di depan rumah di ujung jalan. Rumahnya kayak apa justru belum kelihatan, tapi Nicola mengiyakan ketika saya dan Emily menunjuk bangunan di ujung jalan itu (berdasarkan adanya kerumunan orang). Siapa sangka setelah dilihat lebih lanjut rumahnya 'cuma' kayak gini???

Rietveld Schröder House

Come on, Belanda cuma punya 9 Unesco WHS (hasil googling kemudian) dan salah satunya 'cuma' kayak gini?? xD Setelah Nicola menjelaskan bahwa itu dibangun di tahun 1920-an (sliding walls in 1924!), saya pikir itu mulai masuk akal. Tapi kalau mau jujur, saya lebih terkesima dengan asramanya si Nicola daripada dengan si Rietveld Schröder House. Ini dia bentuknya ...


Bandingkan dengan asrama saya! Ngeces2 saya+Emily melihatnya x)

No comments: